RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Gedongtataan
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X (sepuluh) / 2 (dua)
Alokasi Waktu : 18 X 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia.
Kompetensi dasar : 1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.
Indikator :
1.1.1 Menjelaskan perkembangan teori atom untuk mengetahui kelebihan dan kelemahannya berdasarkan gambar model atom.
1.1.2 Menjelaskan Struktur atom berdasarkan teori atom Bohr
1.1.3 Membedakan unsur-unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.
1.1.4 Menghitung massa atom relatif berdasarkan kelimpahan isotopnya.
1.1.5 Menentukan konfigurasi elektron dari beberapa unsur.
1.1.6 Menjelaskan perkembangan tabel periodik unsur.
1.1.7 Menjelaskan dasar pengelompokan unsur-unsur.
1.1.8 Menentukan letak unsur sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron (elektron valensi dan jumlah sub tingkat energi).
1.1.9 Menyebutkan sifat-sifat keperiodikan unsur
1.1.10 Mengidentifikasi tabel dan grafik untuk menemukan keteraturan sifat keperiodikan unsur.
1.1.11 Membedakan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan perkembangan teori atom untuk mengetahui kelebihan dan kelemahannya berdasarkan gambar model atom.
2. Siswa dapat menjelaskan Struktur atom berdasarkan teori atom Bohr
3. Siswa dapat membedakan unsur-unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.
4. Siswa dapat menghitung massa atom relatif berdasarkan kelimpahan isotopnya.
5. Siswa dapat menentukan konfigurasi elektron dari beberapa unsur.
6. Siswa dapat menjelaskan perkembangan tabel periodik unsur.
7. Siswa dapat menjelaskan dasar pengelompokan unsur-unsur.
8. Siswa dapat menentukan letak unsur sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron (elektron valensi dan jumlah sub tingkat energi).
9. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat keperiodikan unsur
10. Siswa dapat mengidentifikasi tabel dan grafik untuk menemukan keteraturan sifat keperiodikan unsur.
11. Siswa dapat membedakan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
B. Materi Ajar :
1. Perkembangan teori atom, mulai dari teori Dalton sampai dengan teori atom modern.
2. Perkembangan tabel periodik unsur
3. Sifat kepriodikan unsur
C. Metode Pembelajaran :
1. Kaji pustaka dan tanya jawab
2. Kaji pustaka dan diskusi
D. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
a. Salam dan berdo’a.
b. Pengondisian kelas dengan motivasi.
c. Apersepsi dan prakonsep
d. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
2. Kegiatan Inti
Ø Pertemuan 1 (85 menit)
a. Siswa menganalisis perkembangan teori atom melalui gambar model atom dari teori atom Dalton, JJ Thomson, dan Rutherford (eksplorasi). (menumbuhkan kemampuan analisis dan mengembangkan sikap kritis)
b. Guru meminta siswa mengemukakan kelebihan dan kelemahan dari masing-masing model atom (elaborasi). (mengembangkan kemampuan berpendapat)
c. Guru meluruskan konsep yang kurang tepat kemudian siswa menyepakati (konfirmasi).
Ø Pertemuan 2 (90 menit)
a. Siswa mengkaji teori atom Bohr dari literatur untuk menunjukkan kelebihannya dibandingkan teori atom sebelumnya (eksplorasi). (menumbuhkan keingintahuan siswa, menumbuhkan minat baca)
b. Guru melakukan tanya jawab siswa mengenai hasil kaji literatur (elaborasi). (menumbuhkan tanggung jawab, sikap mandiri)
c. Guru meluruskan konsep yang kurang tepat kemudian siswa menyepakati (konfirmasi).
Ø Pertemuan 3 (45 menit)
a. Guru menyajikan tabel unsur yang tergolong isotop, isobar dan isoton, dan meminta siswa melengkapi tabel (eksplorasi). (mengembangkan ketelitian, rasa percaya diri)
b. Siswa menyimpulkan pengertian isotop, isobar, dan isoton berdasarkan tabel dan tanya jawab dengan guru (elaborasi). (mengembangkan kemampuan analisis)
c. Guru membimbing siswa mengoreksi jawaban yang kurang tepat (konfirmasi).
Ø Pertemuan 4 (90 menit)
a. Siswa mengkaji literatur untuk mengetahui definisi massa atom relatif (eksplorasi). (menumbuhkan keingintahuan siswa, menumbuhkan minat baca)
b. Siswa mengerjakan latihan soal menentukan massa atom relatif dengan bimbingan guru (elaborasi). (mengembangkan ketelitian, keuletan, dan jujur)
c. Guru meluruskan konsep yang kurang tepat kemudian siswa menyepakati (konfirmasi).
Ø Pertemuan 5 (90 menit)
a. Siswa mengkaji literatur mengenai pengertian dari konfigurasi elektron dan elektron valensi, serta cara penentuannya dengan bimbingan guru (eksplorasi). (menumbuhkan keingintahuan siswa, menumbuhkan minat baca)
b. Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan guru (elaborasi). (menumbuhkan sikap mandiri, percaya diri, dan jujur)
c. Guru meluruskan konsep yang kurang tepat kemudian siswa menyepakati (konfirmasi).
Ø Pertemuan 6 (45 menit)
a. Siswa mengkaji literatur tentang perkembangan tabel periodik unsur dengan bimbingan guru (eksplorasi). (menumbuhkan keingintahuan siswa, menumbuhkan minat baca)
b. Guru meminta siswa mengemukakan kelemahan dan kelebihan perkembangan tabel periodik unsur berdasarkan hasil diskusi (elaborasi). (berani mengambil keputusan)
c. Guru meluruskan konsep yang kurang tepat kemudian siswa menyepakati (konfirmasi).
Ø Pertemuan 7 (45 menit)
a. Siswa mengkaji literatur untuk menemukan dasar pengelompokan unsur-unsur dengan bimbingan guru (eksplorasi). (menumbuhkan sikap kritis)
b. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hasil kaji literatur (elaborasi). (menumbuhkan tanggung jawab, berani mengemukakan pendapat)
c. Guru meluruskan konsep yang kurang tepat kemudian siswa menyepakati (konfirmasi).
Ø Pertemuan 8 (90 menit)
a. Siswa berdiskusi tentang cara menentukan letak unsur melalui konfigurasi elektron (eksplorasi). (menumbuhkan kemampuan analisis)
b. Guru menunjuk beberapa siswa mengerjakan latihan soal di papan tulis (elaborasi). (menumbuhkan percaya diri, berani mengemukakan pendapat)
c. Guru membimbing siswa mengoreksi jawaban dari latihan soal yang diberikan (konfirmasi).
Ø Pertemuan 9 (45 menit)
a. Siswa mengkaji literatur untuk mengetahui pengertian dari sifat keperiodikan unsur (eksplorasi). (menumbuhkan keingintahuan siswa, menumbuhkan minat baca)
b. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai apa saja sifat keperiodikan unsur (elaborasi). (menumbuhkan tanggung jawab, berani mengemukakan pendapat)
c. Siswa dengan bimbingan guru menyimak dan mengoreksi jawaban temannya (konfirmasi).
Ø Pertemuan 10 (90 menit)
a. Siswa berdiskusi secara berkelompok menganalisis grafik dan data keperiodikan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan (eksplorasi). (kerjasama, menghargai pendapat orang lain, menumbuhkan kemampuan analisis dan berpikir kritis)
b. Setiap kelompok melakukan presentasi hasil diskusinya tentang sifat keperiodikan unsur dengan bimbingan guru (elaborasi). (percaya diri, berani menegmukakan pendapat)
c. Guru meluruskan konsep yang kurang tepat kemudian siswa menyepakati (konfirmasi).
Ø Pertemuan 11 (35 menit)
a. Siswa berdiskusi mengenai sifat logam, non logam dan metaloid (eksplorasi). (mengembangkan berpikir kritis dan logis)
b. Guru mengajak siswa menganalisis sifat fisik dan kimia logam, non logam dan metaloid yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari (elaborasi). (mengembangkan kemampuana analisis, berani berpendapat)
c. Guru menunjukkan unsur-unsur dalam SPU yang tegolong ke dalam logam, non logam dan metaloid (konfirmasi).
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi.
b. Mengadakan postes.
c. Guru memberikan PR, memotivasi untuk belajar lebih giat, dan menyampaikan informasi ulangan harian yang akan diadakan pada tatap muka selanjutnya.
d. Berdo’a dan salam.
E. Sumber/Alat/Bahan Belajar
Sumber:
a. Hadi, Noor K.H. 2011. Buku Kerja Sekolah Menegah Atas Kimia Kelas X. Surakarta: Mediatama.
b. Sudarmo, Unggul. 2009. Kimia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Phibeta.
Alat : Laptop dan LCD proyektor
F. Penilaian : Tes tertulis, tugas kelompok, tugas individu, non tes (performance)
· Tes tertulis:
1. Jelaskan kelemahan model atom Rutherford! Bagaimana Niels Bohr memperbaiki kelemahan Rutherford?
2. Tentukan konfigurasi elektron ari atom-atom berikut:
a. 16O b. 28Si c. 35Cl
8 14 17
3. Apakah dasar penyusunan sistem pengelompokan unsur triade Dobereiner dan sistem oktaf Newlands?
4. Tentukan letak unsur-unsur berikut berdasarkan elektron valensi dan jumlah kulit dari konfigurasi elektronnya!
a. 8X b. 13Y c. 35Z
5. Manakah yang mempunyai energi ionisasi lebih tinggi, atom natrium atau atom kalium? Jelaskan mengapa demikian!
· Non tes (performance): dilakukan selama kegiatan pembelajaran berlangsung
Gedongtataan, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa PPL
Barunta, S.Pd. Esty Indriyani Safitri
NIP. 19640515 198703 1 012 NPM. 0813023026
Mengetahui,
Kepala SMA 1 Gedongtataan
Drs. Hi. Harun
NIP. 19600604 1990031008
ai.. ancur ya kalau ditarok blog.. sama es..
BalasHapus